Ilmu-Ilmu yang Berkenang dengan komputer
Dasar Ilmu Komputer
Matematika
menyumbangkan metode analisis
Engineering
menyumbangkan metode desain
CSAB (Computing Sciences Accreditation Board )
Ilmu Komputer adalah ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan komputer dan komputasi.
Di dalamnya terdapat Teoritis, Eksperimen dan pendesainan komponen serta termasuk di dalamnya hal-hal yg berhubungan dengan :
* Teori-teori memahami perangkat komputer, program dan sistem
* Eksperimen untuk pengembangan dan pengetesan konsep
* Metodologi Desain, algoritma, tool utk merealisasikannya
* Metode analisis utk melakukan pembuktian bahwa realisasi sudah selesai dengan persyaratan yg diminta.
Peter J. Denning
Ilmu komputer adalah studi sistimatik tentang proses algoritmik yang menjelaskan dan mentransformasikan informasi,baik itu berhubungan dengan teori-teori, analisis, desain, efisiensi, implementasi ataupun aplikasi-aplikasi yang ada padanya.
Cabang Ilmu Komputer
1.Matematika Komputasi
2.Keamanan Internet
3.DataWarehouse
4.Mobile Computing
5.Algoritma
6.Practical considerations
7.Pemrograman Komputer
8.Interaksi Manusia dengan komputer (Human-Computer Interaction)
9.Sistem Operasi(Operating Systems )
10.System programming
11.CRM
12.Sistem Informasi Geografis
13.Sistem Informasi Manajemen
14.Object-oriented programming (OOP)
15.Enterprise Resource Planning (ERP)
16.Jaringan komputer
17.Ad-hoc Networks
18.Database management system (DBMS)
19.Artificial Intelligent
Matematika Komputasi
MATEMATIKA
KOMPUTASI
Matematika yang menggunakan komputasi khususnya dengan komputer untuk menyelesaikan permasalahan matematika.
Ilmu ini digunakan untuk menerapkan teori matematika ke dalam aplikasi komputer.
2. Keamanan Internet
Kegiatan untuk melindungi dan memelihara sumber-sumber (resources) dan informasi pribadi di internet.
Contoh yang sederhana adalah memilih password yang baik, mengubah file permission dan mem-back up data komputer.
3. Data Warehouse
Data Warehouse adalah database yang saling bereaksi yang dapat digunakan untuk;
Query dan analisisis,
Bersifat orientasi subjek,
Terintegrasi,
Time-variant,
Tidak berubah yang digunakan untuk membantu para pengambil keputusan.
4. Mobile Computing
Menggunakan peralatan komputer yang bergerak.
Mobile Computing selalu berarti transmisi tanpa kabel (wireless) tetapi transmisi wireless tidak selalu berarti mobile computing.
5. Alogaritma
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia,
Algortima adalah urutan logis pengambilan putusan untuk pemecahan masalah.
Algoritma dibutuhkan untuk memerintah komputer mengambil langkah-langkah tertentu dalam menyelesaikan masalah.
6. Practical Considerations
Sebuah algoritma tidak cukup hanya benar dan reliable, tetapi juga harus akurat dan efisien.
Sebuah algoritma numerik yang mengakumulasi kesalahan yang terlalu besar terhadap pembulatan hasilnya kurang akurat.
Selain itu, sebuah algoritma yang memerlukan terlalu banyak literasi akan menyebabkan penggunaan memori penyimpanan terlalu besar.
7. Pemrograman Komputer
adalah kumpulan instruksi- instruksi tersendiri yang biasanya disebut source code yang dibuat oleh programmer dalam sebuah bahasa pemrograman.
8. Human-computer Interaction
Secara umum berarti mempelajari suatu interaksi yang terjadi antara manusia dan komputer.
Antara manusia dengan manusia terjadi beragam interaksi seperti berdialog, menggunakan suatu bahasa yang dikenal atau melalui simbol-simbol yang diciptakan oleh manusia itu sendiri.
9. Sistem Operasi (Operating Systems)
adalah software yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras dan operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi sehingga semua aplikasi yang berbeda fungsinya dapat berjalan lancar secara bersamaan tanpa hambatan
10. System Programming
adalah aktifitas dari perangkat lunak pemrograman sistem.
Karakteristik dari pemrograman system ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat lunak yang menyediakan layanan kepada user(misal:word processor) dan perangkat keras (misal:disk defragmenter).
11. CRM
adalah istilah industri TI untuk metodologi, strategi, software dan aplikasi berbasis web lainnya yang mampu membantu sebuah perusahaan untuk mengelola hubungannya dengan pelanggan.
12. Sistem Informasi Geografis (SIG)
adalah sistem berbasis komputer yang digunakan untuk menyimpan, memanipulasi, dan menganalisis informasi geografi.
13. Manajemen Sistem Informasi
adalah sebuah sistem manusia/mesin yang terpadu untuk menyajikan informasi guna mendukung fungsi operasi, manajemen, dan pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi.
Sistem ini menggunakan hardware dan software komputer, prosedur pedoman, model manajemen dan keputusan, serta sebuah data base.
14. Object-oriented programming (OOP)
Pemrograman ini mempertinggi kualitas dan produktifitas pengembangan software.
Program pengembangannya dilakukan dengan pendekatan building block.
Setiap block disebut object, objek berinteraksi dengan saling memberikan informasi satu terhadap yang lainnya sehingga masing-masing objek harus berisikan informasi mengenai dirinya sendiri dan objek yang dapat dikaitkan.
15. Enterprise Resources Planning (ERP)
Merupakan kemampuan dukungan teknologi untuk berkomunikasi dan berbagi informasi antara pelanggan, staf-staf layanan dan perusahaan secara keseluruhan.
16. Jaringan Komputer
sebuah sistem yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama- sama untuk mencapai tujuan yang sama.
Tujuan dari jaringan komputer adalah:
Membagi sumber daya: contohnya berbagi pemakaian printer, CPU, memori, harddisk
Komunikasi: contohnya surat elektronik, instant messaging, chatting
Akses informasi: contohnya web browsing.
17. Database Management System (DBMS)
adalah suatu sistem atau software yang dirancang untuk mengelola suatu basis data dan menjalankan operasi terhadap data yang banyak di minta user.
19. Artificial Intelligence (AI)
adalah suatu ilmu pengetahuan dan teknologi yang berdasarkan pada disiplin ilmu seperti ilmu komputer, biologi, psikologi, ilmu bahasa, matematika dan teknik.
Tujuannya untuk menciptakan komputer yang memiliki kecerdasan seperti manusia (dapat berfikir, melihat, mendengar, berjalan, berbicara, dan merasakan) sehingga dapat memecahkan suatu masalah.
Comments
Post a Comment
bagi kalian yang masih kurang memahami artikel tersebut dimohon untuk bertanya atau melalui komentar